Kamis, 27 Desember 2012

rangkaian seri


Rangkaian Seri adalah rangkaian yang cara kerjannya membagi arus yang di hasilkan dari komponen lain. Apabila ada tiga buah komponen yang dirangkai secara seri maka tegangan dari satu komponen memberikan sisa tegangan yang dihasilkan sehingga proses ini dapat mengurangi pemakaian tegangan sehingga 3 komponen hanya terhitung pada 1 komponen saja. Rangkaian Serisering juga di gambarkan dalam posisi diagonal, gunanya adalah agar dapat memahami dalam pembacaan pada gambar.
Kelebihan dari pemakaian susunan seri adalah lebih banyak menghemat daya yang dikeluarkan pada baterai. Kelebihan lainnya yang di miliki susunan seri terdapat pada pengerjaan yang singkat, serta tidak memerlukan banya penghubung pada penyambungan jalur.
Selain memiliki kelebihan, rangkaian ini juga memiliki kelemahan, adapun kelemahan pada rangkaian ini adalah karena menurunkan fungsi dari komponen itu sendiri karena mendapat tegangan yang kurang. Sebab, harus berbagi dengan komponen lain.
Selama ini kita banyak mengenal dua macam susunan dasar dari rangkaian listrik, yaitu susunan atau rangkaian seri dan rangkaian paralel. Jika ada k buah tahanan (resistor) dengan nilai seragam sebesar R, cara penyusuan k buah resistor ini akan mempengaruhi nilai tahanan total yang kita peroleh.
Rangkaian SeriRumus dari rangkaian di atas adalah : R_mathrm{total} = R_1 + R_2 + cdots + R_n
Jumlah hambatan total rangkaian seri sama dengan jumlah hambatan tiap- tiap komponen (resistor). Sedangkan jika tahanan tersebut disusun secara paralel, maka nilai total di kedua ujungrangkaian akan menjadi frac{1}{R_mathrm{total}} = frac{1}{R_1} + frac{1}{R_2} + cdots + frac{1}{R_n}.
Rangkaian Seri resistor dapat di hubungkan bersama dalam rangkaian “seri” maupun parallel, atau kombinasi keduanya (seri-paralel). Namun apapun bentuk rangkaiannya semua mengikuti Hukum Ohm dan Hukum Kirchoff. Resistors dapat dikatakan dalam seri apabila mereka terangkai dalam satu garis lurus, sehingga Arus yang mengalir tidak ada jalan lain kecuali mengalir dari Resistor satu ke resistor kedua dan seterusnya.
Satu hal penting yang harus diingat tentang rangkaian resistor secara seri, resistansi total (RT) dari dua atau lebih resistor yang dihubungkan bersama-sama secara seri akan selalu lebih besar daripada nilai resistor terbesar dalam rantai dan dalam contoh di atas RT = 9kΩ adalah nilai yang lebih besar dari nilai resistor terbesar ( 6kΩ).
Demikian penjelasan tentang Rangkaian Seri, Baca juga artikel kami lainnya tentang Rangkaian ListrikRangkaian ParalelRangkaian RLCRangkaian Flip Flop dan Rangkaian LED.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar