Minggu, 23 Desember 2012

SWR


SWR ( Standing Wave Ratio )

  
SWR adalah singkatan dari Standing Wave Ratio, kadang-kadang disebut dengan nama VSWR (Voltage Standing Wave Ratio). Bila impedansi pada kabel koaksial tidak sesuai dengan transceiver maka akan timbul daya refleksi (reflected power) pada kabel yang berinterferensi dengan daya maju (forward power). Interferensi ini menghasilkan gelombang berdiri (standing wave) yang besarnya tergantung pada besarnya daya refleksi. 


alat untuk mengukur SWR disebut SWR meter, kadang kadang bersatu dengan Power Meter.


ini gambar SWR / Power Meter.... 


rumus perhitungan SWR adalah sebagai berikut :
dimana Vf adalah voltase daya maju ( forward ) sedangkan Vr adalah Voltase daya pantul ( reflected ) 


rasio yang diharapkan, tentunya 1:1, artinya energi yang di keluarkan seluruhnya akan tersalur ke antenna 


cara mengukur SWR adalah sebagai berikut : 


1. Siapkan SWR meter dan jumper kabel ( kabel pendek ) yang telah dipasang  konektor di kedua ujungnya. 
2. Cabut konektor kabel koaksial ke antenna dari transceiver, lalu sambung ke SWR meter yang bertuliskan ANT, sementara kabel jumper dipasang di tulisan TX pada SWR meter dan disambung ke konektor antenna pada transceiver. 
3. Switch pada SWR meter dipasang di FWD, lalu pencet PTT mic beberapa saat, lihat jarum penunjuk pada meter terus lakukan putaran pada CAL sampai jarum pas di ujung. 
4. Sambil terus memencet PTT pada mic, geser switch di SWR meter ke REF ( pd beberapa merek pada posisi SWR ) dan jarum akan menunjukkan nilai SWR pada antenna tersebut. 


perlu diperhatikan, karena test tsb akan memancarkan sinyal, maka sebelum melakukan hal diatas mohon di cek dulu,apakah frekuensi tersebut sedang dipergunakan ???? 


lalu, apakah memasang SWR meter di dekat TX dibanding dekat antenna akan memberikan hitungan berbeda??? 


ya....terutama kalau kabel yang dipergunakan sangat panjang ( lebih dari 20 meter )......jadi sebaiknya pada kasus ini pengukuran dilakukan di dekat antenna agar nilai SWR yang terukur lebih akurat. 


juga agar diperhatikan, SWR meter yang digunakan harus sesuai dengan frekuensi TX yang akan diukur ( artinya.........SWR untuk HF tidak bisa dipakai mengukur VHF / 2 meter , juga sebaliknya..........)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar