Senin, 15 Juli 2013

robot manipulator

Sebuah robot industri terdiri dari sebuah manipulator robot, power supply, dan pengontrol. Manipulator robot dapat dibagi menjadi dua bagian, masingmasing dengan fungsi yang berbeda yaitu :
a. Lengan dan Tubuh - lengan dan tubuh robot digunakan untuk memindahkan bagian-bagian posisi dan atau alat dalam amplop kerja. Mereka terbentuk dari tiga sendi dihubungkan dengan link besar.
b. Wrist - pergelangan tangan ini digunakan untuk mengarahkan bagianbagian atau peralatan di lokasi kerja. Ini terdiri dari dua atau tiga kompak sendi. Manipulator robot dibuat dari urutan kombinasi link dan sendi. Link yang menghubungkan para anggota kaku sendi, atau kapak. Sumbu adalah komponen
bergerak dari robot yang menyebabkan gerakan relatif antara link yang berdekatan. Sendi mekanis digunakan untuk membangun manipulator terdiri dari lima jenis utama. Dua dari sendi yang linear, di mana gerakan relatif antara link yang berdekatan adalah non-rotasi, dan tiga jenis rotary, di mana gerakan relatif melibatkan rotasi antara link. Bagian lengan-dan-tubuh manipulator didasarkan
pada salah satu dari empat konfigurasi. Masing-masing anatomi memberikan amplop kerja yang berbeda dan cocok untuk aplikasi yang berbeda yaitu :
1. Gantry - robot ini memiliki sendi linier dan dipasang overhead. Mereka juga disebut robot Cartesian dan bujursangkar
2. Cylindrical – Dinamakan untuk bentuk tempat kerjanya, robot anatomi silinder yang dibuat dari sendi linear yang terhubung ke basis bersama rotary.
3. Polar- Dasar bersama robot kutub memungkinkan untuk memutar dan sendi adalah kombinasi jenis putar dan linier. Ruang kerja yang diciptakan oleh konfigurasi ini bulat
4. Joined-Arm - Ini adalah konfigurasi yang paling populer robot industri. Lengan menghubungkan dengan bersama memutar, dan link di dalamnya dihubungkan dengan sendi putar. Hal ini juga disebut robot diartikulasikan.


Source : http://diditnote.blogspot.com/2013/04/robot-manipulator.html#ixzz2Z6RIP0nn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar